Ayam Bangkok Ekor Terpanjang

Ayam Bangkok Ekor Terpanjang

Macacoblog.com – Ayam SV388 bangkok ukuran 12 adalah Ayam SV388-Bet dengan ukuran terbesar. Ukuran ini memang agak sulit ditemukan, dan biasanya jika ada pun pasti akan dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.

Dibandingkan membeli, menghasilkan sendiri Ayam SV388 bangkok ukuran 12 akan memakan biaya lebih sedikit dan akan menjadikan peluang bisnis yang besar untuk anda.

Menurut penelitian, pertumbuhan dan ukuran Ayam bangkok ditentukan berdasarkan beberapa aspek.

  • Keturunan genetik dari induknya (25%)
  • Kualitas pakan dan minuman sehari-hari (70%)
  • Cara pemeliharaan dan perawatan (5%)

Keturunan Genetik Induk (25%)

Menurut para ahli, besar kecilnya tubuh Ayam bangkok ditentukan juga oleh induk (betina dan jantan). Semakin besar ukuran induk, maka semakin besar pula telur yang dihasilkan. Telur yang besar dan tebal menunjukkan bakal calon anak Ayam yang berkualitas tinggi. Induk berukuran besar tentunya menurunkan Genetic Map kepada anak-anaknya, jadi induk yang berukuran besar akan membawa Gen badan besar itu pada anak-anaknya (like father like son).

Baca juga : Ragam Ayam Bangkok Thailand

Kualitas Pakan dan Minuman (70%)

Anak Ayam yang baru lahir sebaiknya diberikan pakan dan minuman dengan nutrisi ekstra untuk mempercepat pertumbuhan tulang dan tubuh anak Ayam bangkok tersebut. Karena skala pengaruh pakan dan minuman pada pertumbuhan Ayam sangat besar yaitu sekitar 70%. Jadi meskipun induk Ayam tersebut terbilang besar, tidak menutup kemungkinan ukuran anak nya akan kecil jika anda memberikan pakan yang tidak bergizi.

Pakan yang baik diberikan untuk Ayam bangkok sebaiknya pakan yang mengandung tinggi protein dan juga kalsium. Protein berguna untuk pertumbuhan otot, daging dan lemak sedangkan kalsium penting sekali untuk pertumbuhan tulang.

Rekomendasi pakan Ayam bangkok ukuran 12 berdasarkan umurnya

  • 0-2 bulan : CP521, Voor HI-PRO-VITE 591, tepung ikan. Tambahkan susu anlene gold pada pakan anak Ayam anda untuk menambahkan kalsium.
  • 2-4 bulan : Jagung giling 70% dicampur Voor 591/CP 521/ tepung ikan 30%.
  • 5-6 Bulan : Jagung giling, beras merah, kacang hijau, ketan hitam, CP521, bekicot cincang mentah (bergantian)
  • 7 bulan keatas : Jagung giling, beras merah, kacang hijau.

Cara pemeliharaan dan perawatan (5%)

Aspek terakhir yang mempengaruhi pertumbuhan dan ukuran Ayam bangkok anda adalah cara pemeliharaan dan perwatan anda terhadap Ayam bangkok anda. Meski skala pengaruhnya hanya 5% anda tidak bisa melewatkannya jika anda menginginkan Ayam abngkok ukuran 12 yang sempurna.

Dalam pemeliharaan dan perawatan Ayam bangkok hal pertama yang paling penting adalah vaksin. Anda tidak boleh meninggalkan vaksin karena jika anda tidak memvaksin, bisa saja Ayam anda terkena penyakit atau virus dan tiba-tiba mati.

Vaksin yang direkomendasikan : MAREK’S, ND atau ND/IB, CORYZA. Kemudian berikan antibiotik CRD / SNOTT / CHOLERA.

Melatih Ayam bangkok olahraga setiap hari adalah hal yang juga mempengaruhi pertumbuhan Ayam bangkok anda.

Memandikan Ayam minimal 2x seminggu.

Menjemur anak Ayam bangkok anda di bawah matahari pagi kisaran jam 6.30 – 9 pagi. Jemur selama sekitar 30menit sampai 1 jam sehari agar Ayam anda aktif dan bersemangat. Metabolisme tubuhnya pun bisa berjalan dengan lancar.